Home » News & Social Media » Fans Olahraga Di Ranah Sosial Media I (Basket)

Fans Olahraga Di Ranah Sosial Media I (Basket)

Basket di ranah sosial media

Basket On Sosial Media | Gambar : http://thehoopdoctors.com

Di era sosial media, fans basket sangat dimudahkan untuk mendapat informasi tentang kompetisi, hot issue (transfer pemain, kepemilikan tim, pelatih dan manajer, dsb), dan aktivitas pemain secara cepat lewat berbagai produk sosial media. Bisa dengan Twitter, Facebook, Web/blog official yang bisa memaparkan informasi lebih luas kepada pembaca. Semua orang bisa memantau dengan cara yang mudah, apalagi dengan gairah pemakai produk sosial media di Indonesia yang memang sedang berada di puncak.

Sekarang sedang berlangsung National Basketball League (NBL) Indonesia. Tentunya animo fans/penonton tertuju pada kesiapan tim dalam menghadapi turnamen yang akan di ikuti oleh tim-tim yang ikut dalam turnamen. Para fans pastinya akan haus tentang update terkini dari tim kesayangannya. Dan di sini, sosial media adalah jawaban paling ampuh untuk mengatasi dahaga informasi yang menyerang fans tentang timnya, selain jika fans mau datang ke mess atau melihat langsung proses latihannya.

Berikut saya sajikan beberapa akun sosial media yang berhasil memuaskan fans basket di Indonesia.

WEB / BLOG

NBL Indonesia menyediakan sebuah landing pages berupa web yang berisi tentang turnamen NBL Indonesia, tim-tim yang berlaga dengan profil singkat, direktori players (pemain), galeri, kabar-kabar terbaru dan tentunya jadwal – skor – statistik pertandingan. Catatan pertandingan yang sudah di pertandingkan juga ikut disajikan.

Garuda Flexi Bandung adalah salah satu tim kuat yang ada diIndonesia. Garuda juga menyediakan website sebagai wadah untuk mengumpulkan apa saja yang ada di tim. Mulai dari berita, profil pemain, galeri dan artikel.

Sama dengan website-website resmi tim yang lain. Satria-Muda.Com juga menyajikan serba-serbi tentang tim, event, galeri dan pemain.

Blog mainbasket ini merupakan blog yang berisi paparan-paparan yang lebih general tentang basket. Pandangan-pandangan tentang permainan bola basket juga tersaji di sini. Bukan hanya basket dalam negeri, blog mainbasket juga sesekali menampilkan artikel tentang basket mancanegara, semisal NBA. Blog ini juga mempunyai akun Twitter yang sangat mengakomodasi fans basket di Indonesia di @mainbasket, pembahasan tentang akun Twitter ini akan saya sajikan di bawah.

TWITTER

Twitter adalah produk sosial media yang menawarkan kecepatan informasi yang tersaji di garis waktu, istilahnya timeline. Para pengguna produk ini bisa memanfaatkannya sebagai news gathering.

Akun Twitter ini memiliki lebih dari 4000 followers. Menyajikan update-update terkini tentang dunia basket di Indonesia. Informasi yang kita dapat dari @mainbasket bersifat general. Meski informasinya agak didominasi dari tim basket Garuda Flexi Bandung. (maklum, adminnya adalah fans Garuda). Pandangan-pandangan dan antusiasme tentang iklim basket yang sedang terjadi di Indonesia menyebabkan akun ini memiliki follower yang kian bertambah hari demi hari.

Akun Twitter ini adalah akun resmi dari tim Satria Muda Britama. Tim kuat asal ibukota ini memiliki fans yang sangat banyak dan menjadi tim favorit juara. Memiliki follower lebih dari 4000.

Adapun akun-akun resmi dari tim basket yang berada di Indonesia adalah sebagai berikut.

FACEBOOK

Facebook bisa dijadikan sarana “narsis” dengan mengupload foto-foto dari fans di fans page yang sudah di sediakan oleh tim basket. Bisa foto pertandingan, foto bareng pebasket idola, ataupun foto-foto candid yang berhasil di capture oleh fans itu sendiri.

Di Facebook, informasi yang di dapat mungkin tidak sebanyak dan tentunya tidak akan secepat jika dibanding dengan Twitter.

***

Inilah sosial media, mempunyai banyak fungsi untuk menggalang fans untuk setidaknya berinteraksi secara tidak langsung. Tanpa batasan jarak, sosial media adalah tools yang bisa mengakomodasi semua informasi yang diharapkan mampu di serap oleh semua penggila basket di tanah air.

Semua produk sosial media memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda. Untuk kecepatan dan live report jalannya pertandingan basket bisa mengandalkan Twitter dan melakukan live tweet. Untuk informasi resmi tentang event dan tim, web official bisa diandalkan. Untuk pemaparan aneka serba-serbi bisa menggunakan blog. Dan untuk aneka ria kegiatan yang bisa diabadikan, semisal foto dan video, Facebook bisa dijadikan media-nya.

Jangan lupa, penggunaan sosial media dalam penjualan merchandise juga sangat efektif jika menggunakan sosial media. Biasanya dilakukan dengan proses yang saling berkaitan. Pajang di web – sebar teaser berupa link dan gambar di Twitter dan Facebook. Tanpa harus ke outlet resminya, fans bisa mendapat merchandise tim dan kompetisi secara online.

Meraih dukungan moral dan finansial serta emosi tim dengan penonton akan tetap berbanding lurus dengan pemanfaatan sosial media. Simbiosis mutualisme yang terjadi antara tim, pemain, penonton dan kompetisi pantas dijadikan tolak ukur keberhasilan Facebook, Twitter, Web/Blog, dan layanan sosial media lainnya di dalam ranah olahraga.

2 Comments

  1. izin mengutip artikel di atas yaa, untuk bahan menulis skripsi saya :), terimakasih….

Leave a Reply

Scroll To Top