Home » Reviews » Firefox 5 Beta Telah Rilis Serta Ulasan Singkat

Firefox 5 Beta Telah Rilis Serta Ulasan Singkat

Bulan Maret yang lalu, Mozilla merilis versi Mozilla Firefox 4 dan sekarang “browser rakyat” ini sudah merilis Mozilla Firefox versi 5 beta. Nampaknya Firefox intens dalam menggenapi milestone rilis versi yang sudah mereka beberkan ke publik. Intensitas rilis versi anyar yang dilakukan oleh Mozilla Firefox ini berguna untuk menjaga persaingan antar browser yang semakin hari semakin cepat dan heboh saja dalam menyajikan fitur-fitur yang ditawarkan.

#ff5 Milestones

 

Menyenggol tentang fitur, Mozilla versi 5 ini sudah mendukung CSS Animation yang sebelumnya sudah didahului oleh peramban Safari. Kemampuan browser dalam menampilkan format HTML5, kanvas, JavaScript juga turut ditingkatkan. Di bawah ini adalah catatan rilis versi dari official beta release note Firefox (saya bahasakan menurut bahasa sendiri):

  • Mendukung animasi CSS, (live demo)
  • Penambahan kanal development,
  • Preferensi header Do-Not-Track juga telah dipindahkan “untuk meningkatkan daya jelajah”, (lebih lanjut tentang Do-Not-Track)
  • Peningkatan kemampuan pada Canvas, JavaScript, memori, dan performa jaringan,
  • Peningkatan dukungan standar untuk HTML5, XHR, MthML, SMIL dan Canvas,
  • Peningkatan spell checking untuk beberapa bahasa,
  • Peningkatan integrasi dengan desktop untuk Linux.

 

Perubahan lain yang berpengaruh adalah kecepatan  JSON parser dan dukungan untuk metode click bagi semua elemen HTML. Dukungan ini adalah bagian dari spesifikasi HTML5. Satu modifikasi lain yang berpotensi mempengaruhi pembuat extension adalah : properti navigator.languange yang kini berisi nilai yang sama dengan header HTTP Accept.Languange. Sebelumnya, dua entri ini diperbolehkan berbeda, dimana ada properti yang menentukan bahasa GUI browser dan ada pula header yang menspesifikasikan versi lokalisasi dari sebuah halaman web.

Anda bisa mengunduh Mozilla Firefox 5 beta pada alamat dan cara berikut ini:

    • Ketikan perintah berikut ke terminal.
sudo add-apt-repository ppa:mozillateam/firefox-next
sudo apt-get update
sudo apt-get upgrade
    • Jika anda belum menginstall Firefox sebelumnya, ketikan perintah berikut
sudo apt-get install firefox

Referensi bacaan:

 

 

Leave a Reply

Scroll To Top