Home » News & Social Media » Kode Nama Ubuntu 11.10: Onceiric Ocelot

Kode Nama Ubuntu 11.10: Onceiric Ocelot

Beberapa hari yang lalu, Mark Shuttleworth mengumumkan nama versi Ubuntu 11.10, versi kelanjutan setelah Ubuntu 11.04 dengan kode nama “Natty Narwhal”. Seperti tradisi kode nama Ubuntu, kode nama diurutkan abjad dan nama hewan yang biasanya hampir punah, maka Ubuntu 11.10 berkode nama “Oneiric Ocelot”.

Oneiric means “dreamy”, and the combination with Ocelot reminds me of the way innovation happens: part daydream, part discipline.

Sedikit quote diatas dari blog Mark Shuttleworth, Oneiric berarti impian, sesuatu yang bisa dicapai hanya dengan kerja keras – begitu saya mengartikan impian – dengan kombinasi Ocelot yang mengingatkan dia tentang inovasi yang terjadi menjadi bagian dari impian dan disiplin.

Oneiric Ocelot

Pada rilis ini, Unity versi 2D akan disertakan, untuk mengakomodasi pengguna perangkat keras low-end agar Ubuntu bisa dipakai untuk semua kalangan dengan maksimal. Juga para pengembang Qt mempunyai lebih banyak pilihan untuk memproduksi aplikasi  dengan antar muka yang fungsional dan menarik.

Selagi menanti kehadiran Natty Narwhal akhir April nanti, kita bisa berharap Ocelot akan memberi lebih banyak kejutan lagi.

Dan jika kembali ke tradisi kode nama Ubuntu, saya jadi berpikir apakah nanti versi 12.04 LTS akan berkode nama “Pink Panther”? LOL, kita nantikan saja.

sumber gambar: en.wikipedia.org

1 Comments

  1. Wah…
    Namanya Ubuntu itu lucu2 ya?
    Hehehe

    Eh, kalau mengambil nama dari hewan yang hampir punah, kenapa tidak komodo saja?
    Atau hewan2 yang ada di Indonesia. Kan banyak yang hampir punah.

    Semoga dengan penamaan itu, pengguna Ubuntu jadi peduli dengan hewan-hewan yang terancam punah.

Leave a Reply

Scroll To Top