Home » News & Social Media » Pinterest: Pin Your Interest [Invite]

Pinterest: Pin Your Interest [Invite]

Apakah kamu pernah melihat pinboard atau malah mempunyainya? Dimana kamu bisa menempelkan semuanya disana, mulai dari foto, kertas bertulisan, kartu nama, kartu ucapan atau apapun yang bisa tertempel dengan paku pin dan papan.

Bahasa browser-nya bookmark atau di Kaskus familiar dengan istilah Ctrl + D. Menyimpan konten di yang berputar sangat kencang di Internet untuk bisa dibuka kembali kemudian.

Di atas adalah gambaran umum dari Pinterest. Sebuah situs untuk “menempel”, mengorganisasi dan membagikan pada orang lain. Perkara “membagikan” ini mengikuti tren sekarang, yaitu social networking. Jika pinboard hanya tertempel di dinding kamar atau boorkmark bar hanya berada di browser yang hanya bisa dilihat oleh pemiliknya atau terbatas. Maka yang tertampil di media sosial bisa ditampilkan dan dibagikan kembali oleh orang lain. Nada optimisnya adalah Apa yang menarik bagi saya mungkin menarik juga untuk orang lain. Kenapa tidak dibagikan?

Bagi saya yang gemar memiliki kegemaran berselancar dan membaca banyak dari konten yang ada di internet mungkin akan banyak menggunakan bookmark di browser saya. Atau jika informasi yang saya dapat itu sangat menarik tapi tidak harus saya bookmark, saya akan melemparkannya di Twitter. Biasanya informasi yang hanya saya bagikan lewat Twitter adalah yang bersifat umum. Banyak kondisi selain konten  yang sangat informatif dan wajib bookmark atau informasi menarik tapi tidak wajib bookmark. Celakanya, kalau dikemudian hari ingin membacanya lagi harus susah payah mencarinya.

Lalu seperti apa Pinterest itu? Opini di atas hanya untuk sarana saya curcol dan memberi gambaran sedikit tentang layanan yang sedang dibahas.

Board

Ini adalah papan untuk menancapkan konten yang menarik. Di Pinterest, kamu bisa memiliki banyak papan. Memiliki banyak papan adalah untuk mengkategorisasikan apa yang kamu sukai. Contohnya, blog ini yang menyukai Typography akan membuat papan bernama Typography yang nantinya akan ditempeli tentang hal menarik sekitar font dan desainnya.

Membuat Board

Bookmarklet

Seperti Ctrl+D pada browser, kamu juga bisa langsung mem-bookmark artikel/konten yang sedang dibaca dengan mudah. Pinterest menyediakan Pin It button dengan menggunakan Javascript yang bisa diletakan pada bookmark bar. Konten yang di “Pin it” nantinya akan menampilkan pilihan di board mana konten itu akan ditampilkan. Termasuk apakah akan dipublish di Twitter atau Facebook. Cara instalasi bookmarklet Pinterest

Networking & RePin

Pinterest mempunyai dunianya sendiri. Didalamnya terdapat stream konten, following dan follower, like, komentar dan sistem sharing yang memiliki istilah RePin. Istilah ini mirip dengan istilah ReBlog pada Tumblr. Kemampuannya adalah sama, menghalalkan kopi paste. *eh :))

Stream dari user lain

Layanan ini wajib kamu coba, namun sayangnya layanan ini masih tertutup sehingga kalau kamu mau mencobanya haru mendapatkan invite dari user lainnya yang sudah lebih dulu mencicipi layanan ini.

Invitation

VirtueMagz akan memberi invitation kepada 10 orang pertama dengan cara beri komentar (berisi alamat email) dan like Facebook Virtue Magazine atau follow Twitter VMagz di @virtuemagz.

Jangan lupa bagikan artikel ini dan follow VirtueMagz di Pinterest ya… ;) Pin It

The Ultimate Guide to Pinterest via The Next Web

9 Comments

  1. gan, invite nya donk ni email saya andriannurprabawa[at]gmail[dot]com

    like fanpage dan follow twitter @virtuemagz menyusul.

    thanks :)

  2. invite deh omm hehe ini imelnya [...]

  3. invite saya ka, ini emailnya [...]
    terimakasih

  4. tolong invite in yahhh di [...]

    thanks

Leave a Reply

Scroll To Top