Home » Fitur » Platform Blog Apa Yang Sebaiknya Saya Gunakan?

Platform Blog Apa Yang Sebaiknya Saya Gunakan?

Mas, saya pengen ngeblog. Lalu, pakai yang mana, ya? Blogspot atau WordPress? Kalau Tumblr itu apakah bisa dikatakan blog?

Sering saya dihadapkan dengan pertanyaan ini. Tidak selalu persis memang, namun kurang lebihnya seperti pertanyaan yang ada di atas sering dilontarkan kawan (yang belum mengerti blog/yang sudah sedikit mengerti dan ingin memulai kegiatan blogging) atau peserta pelatihan blogging.

Saya selalu menjawabnya dengan platform blog yang sudah lama saya gunakan dan merasakan kenyamanannya, WordPress. WordPress yang menurut saya stabil dan komplit dari sisi fitur yang disajikan bahkan untuk yang versi gratisannya, WordPress.Com. Tampilan halaman tata kelola WordPress yang saya jadikan andalan untuk menjawab pertanyaan dari seorang pemula untuk memilih mesin blog WordPress jika dibandingkan dengan Blogspot yang menurut saya (maaf) tidak enak. Karena pada awal ngeblog, saya memang berangkat dari blogger.com.

Ada penanya yang merasa puas dengan pilihan yang saya berikan dengan alasan yang terlalu “egois”, tapi ada pula yang terus “mengejar” saya dengan pertanyaan lanjutan (seperti pertanyaan tentang Tumblr).

Artikel kali ini tidak akan berakhir pada debat kusir pada persoalan pemilihan platform blog. Namun saya hanya akan menunjukan showcase dari beberapa platform blog yang ada. Sebuah penyegaran yang saya hadirkan untuk pembaca VirtueMagz agar tidak melulu disuguhi dengan hal teknis. :)

Sebelum memilih platform blog, ada baiknya saya sodorkan dengan beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu menentukan pilihan. Di sini saya berganti peran sebagai pemilih.

  1. Apakah saya ingin menulis panjang lebar atau hanya ingin menulis 1-2 kalimat?
  2. Mana yang lebih menarik? Memposting konten orisinil dari tulisan saya atau memposting sesuatu yang menarik yang saya temukan saat browsing di Internet (baik tulisan atau konten multimedia berupa foto atau video) ? Atau keduanya?
  3. Apakah saya ingin membayar hosting dan domain (namasaya.com) atau menjalankan blog pada hosting dan domain yang telah disediakan oleh provider.
  4. Apakah saya punya banyak waktu dan kemampuan dasar untuk memasang plugin, mengotak-atik tampilan dan penanganan galat pada blog?
  5. Apakah saya suka menulis atau mencatatkan apa saja yang ditemui ketika tidak dapat mengakses PC/Laptop dan hanya membawa ponsel atau tablet. (mobile blogging)

Jika sudah mendapatkan jawaban atas pertanyaan di atas, maka waktunya saya menyajikan beberapa penjelasan singkat dari beberapa penyedia layanan blog beserta fiturnya yang mungkin bisa menjawab kebutuhan blogging Anda.

Tumblr

Tumblr

Layanan blog ini berorientasi pada model blogging modern. Dimana blog tidak hanya berurusan dengan menulis panjang lebar dan takaran berat atau tidaknya tulisan itu sendiri. Tumblr menyajikan suasana yang riang dan menyediakan ruang untuk megaktualisasikan diri. Jika Anda suka The Beatles misalnya, di Tumblr bisa anda bikin penuh dengan aneka ria pernak-pernik band Inggris ini, mulai dari foto personil, foto album yang Anda punya atau cuplikan kalimat dari tiap personil. Mungkin akan sangat berat jika menuliskan salah satu foto John Lennon dalam 4 alinea, di Tumblr, Anda tidak perlu melakukannya. Cukup posting gambar dan deskripsikan secara singkat. Yang penting have fun!

Tersedia halaman Stream atau Timeline untuk memantau postingan dari sesama pengguna Tumblr. Seperti pada Twitter, di Tumblr juga menyediakan sistem follow. Jika menemukan hal yang menarik di timeline dan ingin menampilkannya di blog Anda sendiri, tidak perlu meng-copy paste, cukup klik reblog maka konten tadi tampil di blog dan pengikut blog Anda bisa melihatnya.

Banyak dari pengguna Tumblr yang menjadikan blognya sebagai diary daring. Menuliskan apa saja yang mereka temukan dan rasakan. Atau jika suka melucu lewat kata-kata, Anda bisa menggunakan media ini.

Jika Anda seorang fotografer atau desainer grafis, maka tidak ada salahnya menggunakan platform blog ini sebagai tempat untuk memamerkan hasil karya. Apalagi jika mempunyai pengikut yang banyak, dapat dijadikan promosi gratis secara viral via reblog-reblog dari pengguna lainnya. :)

Contoh blog dengan menggunakan Tumblr: Mursid (author VirtueMagz) di jepretan’s mursid (http://mursid.tumblr.com).

  • Anda bisa melakukan custom domain (misalnya mengganti alamat saya.tumblr.com menjadi namasaya.com) namun tidak bisa menjalankannya pada hosting anda sendiri.
  • Bisa memilih format konten, teks, foto, quotes, links, dialogues, audio, video, slideshows.
  • Tersedia layanan cross-posting, sehingga posting anda di Tumblr bisa tampil otomatis di berbagai social media lainnya (Facebook, Twitter, dan lain sebagainya).
  • Tersedia aplikasi mobile untuk Blackberry, iPhone dan Android.
  • Memiliki banyak pilihan tampilan dan Anda bisa membuatnya sendiri selama anda menguasai bahasa pemrograman yang bisa dijalankan untuk membuat tampilan Tumblr.

Posterous Spaces

Platform Blog Posterous

Kebutuhan blogging Anda tidak hardcore atau terkesan ringan tapi tidak angin-anginan? Anda bisa menggunakan platform blog ini. Penyedia blog Posterous Spaces menyediakan layanan blog alternatif yang lebih simpel dari Tumblr. Jika dilihat dari segi tampilan blog yang disediakan untuk dipilih pengguna, Posterous Spaces memberikan tampilan standar dan elegan untuk menampilkan sebuah halaman yang memuat tulisan ataupun gambar/foto.

Kemudahan untuk memuat konten dari email dari email ada nilai tambah bagi platform ini. Ditunjang dari sisi tampilan dan kemudahan mengunggah konten di sini, membuat Posterous Spaces banyak dijadikan sebagai pilihan untuk mobile photo blogging. Jika berhasil memotret hal yang menarik di perjalanan atau sekitar dan ingin menambahi cerita dibalik foto tangkapan, Anda bisa langsung mengunggahnya lewat email dan tidak perlu khawatir tentang besar kecilnya gambar karena akan disesuaikan sendiri oleh mesin Posterous Spaces yang mengikuti standar lebar yang ada untuk masing-masing tampilan.

Contoh narablog yang menggunakan Posterous Spaces sebagai media untuk berfotoblogging adalah Dony Alfan (putradaerah.posterous.com) dimana sebagian jepretan ponsel yang pernah diposting di Posterous telah dijadikan ebook K800 Fotografia dan bisa diunduh secara gratis.

Namun sayang, mesin blog ini tidak bisa dipasang di hosting sendiri. Jadi jika Posterous mengalami

Kelebihan:

  • Mudah dikontrol dari perangkat bergerak seperti ponsel dan tablet
  • Pilihan tampilan tidak banyak namun nyaman dibaca
  • Dapat di custom domain
  • Gambar/foto yang ditampilkan di Posterous bisa ditampilkan secara langsung dibeberapa twitter client
  • Tersedia layanan cross-posting, sehingga posting anda di Posterous bisa tampil otomatis di berbagai social media lainnya (Facebook, Twitter, dan lain sebagainya).
  • Posting dari email dan aplikasi mobile.

WordPress

ngarsapura free wordpress theme

ngarsapura wordpress theme | virtuemagz

Mesin blog ini memang lebih populer dari layanan penyedia blog lainnya. Selain fiturnya memang bisa mengakomodasi berbagai macam kebutuhan blogging, WordPress juga lebih fleksibel untuk bisa memberi pilihan untuk menjalankan kegiatan ngeblog bagi pengguna. Maksud saya, jika Anda tidak mau pusing dengan pembelian hosting dan domain, perawatan blog, dan otak-atik tampilan yang banyak menyita waktu dan pikiran maka anda bisa tetap menjalankannya di WordPress.Com. Tentunya nama blog anda akan menjadi panjang (namablog.wordpress.com) Kecuali jika Anda berniat menggantinya dengan namablog.wordpress.com dengan namablog.com dengan membayar 17$ per tahunnya. Untuk WordPress.Com disediakan ruang penyimpanan (disk space) sebesar 3 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan gambar, file audio (mp3, m4a, wav, ogg) dan file office (pdf, doc, ppt, odt, pptx, docx, pps, ppsx, xls, xlsx).

Kalau ingin menginstallnya di hosting sendiri dan tentunya perawatan blog akan menjadi tanggung jawab Anda secara penuh, maka WordPress menyediakan mesinnya (open source) yang bisa diunduh secara gratis lewat WordPress.Org. Kalau Anda gemar mengganti tampilan dan memasang plugin untuk menyempurnakan sebuah blog, Anda bisa bisa melakukan itu sesuka hati. Disamping itu, komunitas pengembang layanan WordPress ini juga dibilang sangat aktif. Terbukti dengan pembaharuan berkala yang dilakukan oleh WordPress.Com, cara melakukan pembaharuannyapun relatif mudah.

Saat ini WordPress sudah mendukung format konten yang akan dibuat, WordPress menyebuatnya dengan istilah Post Format dengan format Aside, Gallery, Link, Slideshow, Video, Quote, Status dan Chat. Fitur ini mirip dengan Tumblr.

Contoh dari blog yang dibagun dengan WordPress adalah VirtueMagz.Com dan VirtueMagz.Com juga memiliki theme (tampilan) untuk WordPress yang bisa diunduh secara gratis: Simple WordPress Themes: Ngarsapura 1.0

  • Disediakan diskspace yang berkapasitas besar (penyimpanan) 3 GB untuk versi WordPress.Com
  • Dapat mengakomodasi hampir semua kebutuhan blogging
  • Mudah digunakan
  • Komunitas pengembang layanan aktif
  • Pilihan tampilan dan plugin yang beragam
  • Dapat dipasang pada hosting sendiri
  • Tersedia aplikasi mobile

Inilah 3 pilihan platform blog,  jika ada yg bertanya “pakai yang mana” akan saya jawab, coba diketahui dulu apa kebutuhan blogging-mu. :)

Lain kesempatan saya akan bahas 2 platform blog lagi, yaitu Habari dan Squarespace. Sampai jumpa!

12 Comments

  1. Mantabh!
    Btw, saya menggunakan mesin blogger utk aktifitas blogging (meski jarang update) dan sejauh ini masih berjalan baik :)

  2. btw blogspot udah gak dianggep lagi ya?
    ahihihi..

  3. aku masi pake blogspot…
    dan dapet banyak hadiah dari sana *pamer*
    hehe..

    tapi lagi pengen belajar pake wordpress

  4. good post gan :), kalo ane pake 3 platform:
    1. wordpress.com
    2. blogspot.com
    3. blog.com

  5. Saya orangnya gampang penasaran. Klo sudah gitu saya coba aja semuanya :p Klo ngga sesuai harapan kan ada fitur delete blog ;D

    Btw, it’s a nice post terutama check list questions nya :)

  6. saya blogger lawas, dari dulu menggunakan blogger sebagai tempat saya menuangkan ide-ide saya. Karena blogger mendapat support langsung dari google saya belum berencana beralih ke lain hati. Ini blog saya -> http://andriannurprabawa.blogspot.com salam kenal semuanya :)

  7. karena blog saya nantinya saya gunakan untuk blog komersial jadinya saya lebih memilih blogspot bila dibandingkan dengan blog wordpress.com yang katanya tidak memperbolehkan kita berjualan disana..

    • Setiyo Mursid

      komersial lebih prefer memakai wordpress.org mas, bukan wordpress.com
      bisa lebih dioprek sesuai apa yang kita mau dengan dukungan banyak plugins yang mana di blogspot tidak memungkinkan untuk melakukan itu.

Leave a Reply

Scroll To Top