Home » Design » 7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Logo

7 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mendesain Logo

logo virtuemagz

Mendesain logo itu gampang-gampang susah, para desainer logo harus memiliki pengetahuan yang baik dari perangkat lunak grafis, teknik dan trend desain masa kini, sementara pada saat yang sama mereka adalah seniman yang harus memiliki pengetahuan tentang desain dan wajib menjadi creative fighter.

Untuk mendapatkan sebuah logo yang bagus, harus memenuhi beberapa kriteria. Diantaranya adalah :

1. Tidak terlalu banyak variasi font dan warna

Mayoritas logo menggunakan tidak lebih dari tiga warna dan font. Penggunaan jenis atau variasi bentuk font dan pewarnaan yang terlalu banyak  membuat sulit untuk mencapai tujuan awal logo dan menyampaikan pesan yang tersirat di dalamnya.

2. Gunakan Font Biasa dan tidak terlalu dekoratif

Fakta menarik: berbagai logo dari perusahaan besar dan populer menggunakan font yang umum seperti Arial , Times New Roman , Rockwell, dan Helvetica .

3. Bentuk sederhana dan hindari gradien warna

Hal ini sangat dianjurkan untuk menggambar bentuk sederhana dalam proses menciptakan logo.Pertimbangkan aspek-aspek positif dari sebuah logo yang tidak memiliki  gradien atau bayangan.

note: gradien warna dalam logo boleh dipakai hanya dalam media web dan digital lainnya, tapi itu tidak mutlak.

4. Logo harus bisa dipasang secara fleksibel di semua media

sampel media kartu nama

Sebelum internet, metode untuk promosi yang sederhana adalah lewat media cetak. Saat ini telah berkembang jauh lebih luas, tetapi hal ini juga menjadi repot dari sudut pandang desainer, desainer logo pada khususnya.
Sebuah logo harus terlihat hebat di sebuah website, dari sebuah smartphone yang memiliki layar beberapa inci atau dari kemampuan akses sederhana mobile dengan wi-Fi. Klien mungkin juga ingin logo ditampilkan pada kartu nama atau poster atau bahkan pada kaos. Semua jenis media ini membutuhkan beberapa trik khusus. Jadi logo yang terlihat bagus di atas semua ini jauh lebih dihargai.

5. Sebuah logo harus tetap nyaman dipandang dalam warna hitam putih

virtuemagz hitam putih

Hal ini untuk jaga-jaga apabila sebuah logo dicetak dalam paper hitam putih atau menyesuaikan desain yang menuntut untuk berwarna graysale. Sehingga tidak memudarkan bentuk logo dan tetap nyaman dilihat.

6. Hormati Konsep “KISS” (Keep It Simple, Stupid)

Logo harus membuat hubungan antara produk dan perusahaan. Untuk meletakkannya sederhana, logo adalah hal kecil yang membuat orang mengingat hal yang besar. Jadi, untuk menonjol dan mudah diingat, bikin komposisi yang sederhana.

7. Logo harus berkesan dan mudah diingat

Membuat logo abadi pasti akan membuat berkesan untuk waktu yang lama. Ketika seseorang hanya sekilas melintas di jalan raya melihat sebuah logo, maka ia akan langsung mengenali bahwa itu logo X, berarti logo itu telah memberikan kesan pada orang itu dengan mengingatnya.

9 Comments

  1. andreanisme

    Uhhh… Saya suka tuh kartu namanya.. *ahihihi*

  2. wew…
    kok kontributornya malah ngerumpi ya?

    aihihihi…

    Thanks artikelnya mencerahkan :D

  3. Ijin ngopy gan…
    buat bahan kuliah

  4. thx atas infonya… muantapssss

Leave a Reply

Scroll To Top