Home » Design » Tutorial Photoshop: Mengganti Warna Rambut

Tutorial Photoshop: Mengganti Warna Rambut

Anak muda zaman sekarang itu suka banget sama yang namanya ngecat rambut. Bahkan orang tua pun tidak mau ketinggalan untuk ikut mewarnai rambutnya biar sekadar dapat predikat gaul dan trendy. Mewarnai rambut itu ada yang murah dan ada yang mahal. Tapi bukan itu masalahnya, kadang ada seseorang yang sebenarnya anti-cat rambut tapi pengen tampil seperti itu. Lha gimana itu? Maksa kan ya? Photoshop lah pelariannya.

Dalam tutorial kali ini akan diulas bagaimana cara memanipulasi warna rambut dengan menggunakan Adobe Photoshop yang simpel dan mudah.

  • Level : Dasar-Menengah
  • Durasi : 30 menit
  • Materi : Mengubah warna rambut

1. Siapkan foto yang ingin diedit. Dalam hal ini cari foto yang close up wajah dengan rambut yang jelas untuk memudahkan editing.

siapkan foto (Kim Ha Yul)

2. Duplicate Layer dulu seperti biasa. Kemudian masuk ke mode pengeditan Quick Mask dengan menekan tombol Q. Lalu sapukan kursormu ke bagian rambut untuk menyeleksi. Akan terlihat warna merah di bagian yang disapukan.

Hasil dari Quick Mask

3. Setelah selesai menyeleksi rambut, tekan Q lagi untuk mengembalikan ke mode pengeditan normal. Sehingga akan muncul bintik garis seleksi. Lalu di deretan Toolbar Menu, pilih Select > Inverse. Untuk membalikkan seleksi.

seleksi rambut

4. Langkah berikutnya yaitu mewarnai rambut yang telah diseleksi. Bikin New Layer. Kemudian di Color Picker pilih warna rambut sesuai seleramu. Untuk contoh kali ini saya memakai warna biru. kemudian tekan Alt+Del untuk menyisipkan warna ke dalam seleksi.

menyisipkan warna biru

5. Di Jendela Layer sebelah kanan, klik kanan New Layer yang dibuat pada langkah 4 dan pilih Blending Options. Pada Blend Mode pilih Soft Light kemudian OK.

blending mode > soft light

6. Nah, bila langkah 5 telah dilakukan dengan benar. Maka hasilnya rambut sudah berubah menjadi biru. Untuk merapikan bagian seleksi yang masih kasar, hapus bagian yang tidak perlu dari tepi rambut dengan Erase Tool (E). Hasilnya akan seperti di bawah ini.

hasil akhir rambut menjadi biru

Sudah bisa dipahami? Kayaknya cukup sampai di sini dulu tutorial kali ini. Untuk lebih mengasah skill edit foto dengan Photoshop, silahkan teman-teman bereksplorasi dengan latihan desain lainnya yang beberapa juga sudah saya tulis di sini.

sebelum dan sesudah

2 Comments

  1. andreanisme

    hmmm… paragraf pembukanya manteb! Bahkan Cinta Laurapun suka pakai cat rambut! :D

  2. Hassan Aly

    Kim Ha Yul ya modelnya? top tenan, #eh

Leave a Reply

Scroll To Top