Home » Mobile » Twitter Client Terbaik Untuk Ponsel Symbian

Twitter Client Terbaik Untuk Ponsel Symbian

Sebenarnya ponsel Nokia dengan Symbiannya belum habis untuk ragam aplikasi yang ditawarkan. Masih banyak pengembang yang membuat aplikasi-aplikasi untuk OS yang terbilang cukup lama terbenam di pabrikan ponsel asal Finlandia ini.

Hanya Nokia? Tidak, Symbian sebagai sistem operasi tidak hanya kompatibel dengan ponsel Nokia, Sony Erricsson juga memakai OS ini untuk beberapa ponselnya, sebut saja Vivaz Series dan Satio. Namun sepertinya, SE akan meninggalkan pengembangan produk dengan Symbian dan beralih ke platform Android.

Jadi jelas, Nokia adalah yang paling lekat dengan Symbian. Meskipun sekarang nasib Symbian sendiri juga terombang-ambing setelah Nokia bekerja sama dengan Microsoft.

Kembali ke topik. Nokia dengan Ovi Store-nya (kalau di Android : Android Market) menyajikan berbagai aplikasi untuk menunjang aktifitas dalam menggunakan smartphone. Jangan salah, platform Symbian ini leadernya ponsel pintar lho, setidaknya yang dikenal Indonesia. :D.

Di dalam menunjang aktifitas sosial media, dalam hal ini Twitter, aplikasi Twitter client Nokia tidak kalah dengan twitter client yang bisa berjalan di platform Blackberry, iPhone (iOS) ataupun Android.

Artikel ini menyajikan 3 (tiga) Twitter client yang bisa berjalan di ponsel Nokia dan OS Symbian. Yiuk maree disimak.

1. Snaptu

Aplikasi ini bisa disebut aplikasi social media yang komplit dan ringan. Beberapa service bisa terkumpul jadi satu di dalam aplikasi ini, semisal Facebook, Twitter, Picasa, Mashable (rss), dsb.

Untuk Twitter, Snaptu mendukung fitur standar seperti melakukan retweet (editable style), reply, DM, menampilkan thumbnail media gambar (TwitPic, yFrog, Plixi), notifikasi berapa jumlah mention dan DM, melihat hashtag (#) dan user profile.

Aplikasi ini tidak hanya berjalan untuk platform Symbian, Blackberry dan Java juga bisa menjalankan Snaptu secara optimal. Multiplatform dan kecepatan akses tanpa laging ini membuat aplikasi Snaptu mempunyai julukan “Aplikasi Sejuta Umat”.

Lalu apa saja kekurangan dari aplikasi ini?

Snaptu tidak mendukung upload gambar yang di ambil dari galery atau gambar yang sudah di tangkap kamera dan tersimpan di memori penyimpanan ponsel. Jadi untuk upload gambar hanya  bisa dilakukan secara live dengan fitur Snap! Service untuk pengunggah gambar yang didukung hanya TwitPic dan kualitas gambar setelah upload mengalami kompresi hampir setengah dari gambar asli dan standar kamera. Hasilnya tidak memuaskan.

Nilai aplikasi ini menurut saya: 7 | Snaptu

2. Trill

Aplikasi ini masih baru dan hanya tersedia di OviStore. Sekilas, Twitter client Trill hampir sama dengan dengan official Twitter client dari Twitter.Com. Baik fungsi maupun user interfacenya.

Karena hanya dapat di unduh melalui Ovi Store, yang bisa mencicipi aplikasi ini adalah pengguna Nokia yang mempunyai account di OviStore.

login Trill via oAuth

Seperti fitur pada official Twitter client, kemampuan RT pada Trill adalah memakai Twitter retweet style. Character counting tidak disertakan dalam aplikasi ini, jadi jika tweet kita melebihi 140 karakter maka textbox tidak bisa diberi karakter lagi.

Berbeda dengan Snaptu, yang tidak bisa mengunggah gambar dari galeri, Trill bisa melakukannya. Namun service yang di tawarkan hanya Twitpic.

Nilai aplikasi ini menurut saya: 7 | Trill

3. Gravity


Twitter client dari MobileWays ini adalah pemenang Ovi Top App 2009 dan a Finalist for Best Mobile App in the Mashable Awards 2010.

Jadi sudah barang tentu, Gravity adalah rekomendasi untuk dijadikan sebagai twitter client wajib bagi para pengguna ponsel Symbian. Aplikasi ini berbayar, harganya adalah IDR 90,454.56. Lalu kenapa bisa masuk nominasi dan kenapa aplikasi ini berbayar?

Powerfull! Ini mungkin yang bisa menggambarkan aplikasi ini.

User interface Gravity terlihat lebih nyaman. Gabungan antara soft touch dan slider tab membuatnya terasa elegan. Variasi theme dan pemilihan font juga diberikan pilihan, meskipun hanya 2 pilihan (Dark dan Bright) Anda dapat melakukan MOD untuk merubah tampilan menurut selera.

Usabilitas dari aplikasi ini juga bisa dikatakan sebagai nilai plus. Karena jika ingin melakukan RT, reply / reply to all, membuka link, melihat username dalam setiap single tweet dan create favorit sangat mudah. Tinggal menekan satu tombol dan geser kursor kanan-kiri. Tidak seperti aplikasi lainnya, yang butuh proses menekan keypad dan option lebih banyak.

Autocomplete username dan hashtag (#) adalah fungsi extra yang dihadirkan pada tanggal 21 April 2011 kemarin, dengan versi terbaru Gravity-1.50.6731. Jadi tidak perlu takut untuk salah mention.

Ada character counting untuk mengontrol twit agar tidak lebih dari kuota. Karena aplikasi ini tidak mendukung tweetlonger (tl.gd/ tmi.me) yang bisa digunakan untuk blogging via Twitter.. :p

Fitur penampilan notifikasi dalam bentuk visual dan audio, sehingga pengguna tidak perlu berganti-ganti dan merefresh kolom replies dan DM setiap saat.

Yang menjadi value added adalah kemampuan aplikasi ini menampilkan posisi dimana kita berada dengan mengambil dari perangkat Assisted GPS (A-GPS) yang ada di ponsel. Karena kemampuannya ini, aplikasi Gravity juga mendukung sebagai Foursquare client.

Tidak hanya Foursquare saja, Facebook dan Google Reader serta berkemampuan untuk mengelola beberapa account sekaligus.

Fasilitas upload gambar juga bisa di bilang keren, Anda dapat memilih layanan Flickr, MobyPicture, TwitPic, TwitGoo, Posterous, Yfrog atau img.ly. Dengan resolusi gambar yang bisa disetting. Lalu, gambar apa saja yang bisa di live preview? Gravity mendukung image preview dari layanan Flickr, MobyPicture, TwitPic, TwitGoo, Yfrog, Plixi dan Instagram.

Powerfull kan? Jika disejajarkan dengan Twitter client yang ada di BB, aplikasi Gravity ini sejajar dengan Social Scope.

Kekurangannya adalah karena aplikasi ini membutuhkan resource yang banyak, maka penggunaan baterai akan terbeban. Layanan paket data juga bisa terkuras bila memakai aplikasi ini. Namun untuk penggunaan paket data, Sekarang Nokia punya program Nokia Data Plan yang bisa anda nikmati secara unlimited. Baca Nokia Data Plan vs Blackberry Internet Service

Nilai aplikasi ini menurut saya: 8 | Gravity



nb: Semua penilaian dan review aplikasi ini murni dari sudut pandang saya pribadi yang kebetulan pengguna ponsel Nokia E71 dan ketiga twitter client diatas sudah melalui testing di ponsel. Tidak mewakili produk dan sama sekali bukan blogging berbayar. :-)

5 Pilihan Twitter Client Untuk Android

6 Comments

  1. jdi pengen nyobain di Hp symbianku .
    kebetulan nokia jg .
    tpi susahnya batre Hpku suka ngedrop .
    :(

  2. Recomended untuk ponsel berplatform java. Like this

  3. aku sukak! langsung nyobain deh..
    tengkyu kakaaaak..

  4. Mantap Gan…
    Nice Info…!!!

    Like This

Leave a Reply

Scroll To Top