Home » Wordpress » WordPress For Nokia

WordPress For Nokia

WordPress for Nokia memungkinkan anda untuk mengedit konten blog yang ada, menambah posting baru dan halaman, atau hanya mengelola komentar. WordPress for Nokia bisa dinikmati di platform Symbian dan Maemo.

WordPress for Nokia adalah aplikasi open source (kode sumber terbuka), sehingga aplikasi dan source code gratis untuk diunduh dan digunakan.

Namun, hanya Symbian S60 versi 3 dan versi 5 yang mendukung aplikasi ini. Sedangkan WordPress for Nokia untuk ponsel dengan Symbian ^ 3, sistem operasi dari Nokia N8, baru kemarin,  tanggal 3 November 2010 di liris (realease link dari Nokia Conversations). Besar kemungkinan masih belum stabil dan masih menunggu update-update selanjutnya.

Dari segi dukungan WordPress, WordPress memberi dukungan dari WordPress 2.7 dan di atasnya baik di WordPress.Com maupun WordPress yang kita install di web hosting mandiri (self hosted).

Tampilan WordPress for Nokia

Saat pertama kali bertemu interface untuk inisiasi blog, aplikasi ini meminta alamat, username dan password. Namun jika sudah yakin alamat dan username + password benar tetapi ada kesalahan fetching user’s blog, maka XML RPC interface harus di aktifkan terlebih dahulu. Untuk mengaktifkan, user harus masuk lewat dashboard (diusahakan dengan PC / Laptop), di menu Setting pilih Writing lalu centang seperti gambar di atas. Save. Login kembali di WordPress for Nokia.

Setelah login berhasil, tab pertama adalah tab Comments (komentar). Di sini user bisa me-manage komentar-komentar yang masuk di blog. Lengkap dengan option view, approve – unapprove, reply, delete, atau memasukannya sebagai spam.

Pada tab kedua, tab Post, user bisa mengedit ataupun menghapus post yang sebelumnya sudah di publikasikan atau di simpan dalam draft.

Tab Pages, tampilan dan fungsinya sama persis dengan tab Post. Dan tab Pages biasanya tidak banyak mengalami perubahan.

Manajemen Posting di WordPress for Nokia

Posting tulisan lewat WordPress for Nokia cukup mudah dan user dimanjakan dengan fitur-fitur yang mempunyai karakter mobile. Ada fitur upload foto langsung dari memori ponsel dan kategori yang sudah tersusun rapi. Jika melihat dari kemudahan posting, aplikasi ini adalah rekomendasi bagi anda yang suka bepergian dan berfoto-foto ria. :)

Kesimpulan dan “Plus Minus”

Aplikasi ini saya kategorikan dalam aplikasi mobile blogging. Membutuhkan koneksi data yang cepat, jika lambat, maka ping ke WordPress akan gagal. Namun untuk ponsel Nokia yang sudah bisa menggunakan Wi-Fi bisa sangat membantu dalam proses blogging menggunakan aplikasi ini.

  • Plus:
    • Ringan dan mudah di bawa. Karena aplikasi ini tersemat dalam ponsel.
    • Sangat mudah dalam mengoperasikan. Susunan menunya sangat friendly untuk blogger.
    • Integrated image from handset.
    • Publish on demand.
  • Minus:
    • Membutuhkan koneksi data yang cepat dan stabil.
    • Boros pulsa. Kecuali yang menggunakan paket unlimited.
    • Boros baterai.

DOWNLOAD

Situs Resmi Nokia (harus memiliki akun di Ovi Store) KLIK DISINI

Symbian ^ 3 KLIK DISINI

Tested on Nokia E71

5 Comments

  1. gambar ilustrasinya keren! wow…

  2. trima kasih gan atas infonya…

Leave a Reply

Scroll To Top