Home » News & Social Media » Wylio.Com: Alternatif Pencarian Gambar Untuk Blogger

Wylio.Com: Alternatif Pencarian Gambar Untuk Blogger

Menulis dengan menggunakan gambar sebagai ilustrasi sering digunakan para blogger. Idealnya mereka mencari gambar yang beratribut Creative Commons di berbagai situs penyedia image, sebut saja Flickr dan search engine populer Google Images.

Wylio.Com | The Fastest Photo Finder for Bloggers hadir dengan layanan pencarian gambar yang membidik blogger untuk pengguna layanannya. Wylio adalah sebuah start-up yang ditemukan oleh Dan Evans di Dayton, Tenessee, Amerika Serikat. Wylio resmi di rilis dan di publikasikan oleh TechCrunch pada 5 November 2010.

Fitur yang di tawarkan adalah Free Creative Commons pictures the Wylio way:

  1. Search for a picture
  2. Resize and position it
  3. Copy and paste the code

Gambarannya adalah pengguna (baca: blogger) hanya mencari, mengukur tampilan gambar, lalu menyalin kode HTML di panel penulisan artikel.

Fitur ini adalah sebuah shortcut yang memudahkan blogger dalam mencari dan menyematkan gambar dalam tulisannya. Tentu saja ini adalah langkah yang begitu praktis dibandingkan dengan Old Way yang berisi 20 langkah penyematan gambar yang dilakukan para blogger.

Berikut adalah screenshoot fitur yang ada di Wylio dan contoh script HTML yang di salin. Saya mengambil keyword “bloggers”.

Tampilan setelah memilih gambar dan setting ukuran gambar

Kode sudah disediakan secara otomatis. Tinggal Salin dan tempel.

Contoh gambar hasil copy-paste.

Pesta Blogger Conference Hallphoto © 2009 Brian Giesen | more info (via: Wylio) Terlihat bahwa copyright foto yang di sematkan dalam artikel tampil secara otomatis di bawah gambar. Karena Wylio mengambil gambar dari Flickr, maka profil uploader juga ikut tersemat. Ini turut mencegah asal comot gambar / foto yang biasa dilakukan oleh para blogger. Well, mungkin ini adalah cara instant tapi tetap “menghargai” dalam menyematkan gambar dalam tulisan.

Menyertakan sumber tulisan akan menjadi sangat sensitif juga kan kalau menemukan tulisan kita di copas mentah-mentah? :D

1 Comments

Leave a Reply

Scroll To Top